Stres Melanda Tubuh...Kemungkinan Usus anda bermasalah..



Anda pernah merasa mudah marah, gelisah, frustrasi, kesepian, sulit menenangkan pikiran, kerap berpikir negatif,  Jika demikian, bisa jadi Anda mengalami stres dan Anda harus segera mengatasi kondisi ini.



Stres adalah kondisi normal yang pernah dialami oleh tiap orang dewasa. Stres yang normal bisa memberikan dampak positif, misalnya membantu Anda bekerja lebih cepat ketika sedang mengejar masa tenggat waktu. Namun hati-hati, kondisi stres bisa berdampak negatif jika sering terjadi dan berkepanjangan. Oleh sebab itulah Anda pun mencoba banyak hal untuk menghindarkan Anda dari stres.

Namun setelah mencoba banyak hal untuk menghindarkan diri dari stres, nampaknya Anda masih mengalami stres. Apakah Anda sering merasakan hal demikian?

Ternyata Usus bisa menjadi penyebab Anda stres. Bagaimana bisa demikian?

“Usus sebenarnya adalah otak kedua Anda”. Dilansir Nytime, Tim dari ASAP Science menjelaskan tentang sekelompok saraf yang dikenal sebagai sistem saraf enterik yang terletak di usus. Dan tugasnya begitu istimewa melebihi yang mungkin Anda sadari.

Sistem saraf enterik itu mengontrol seluruh sistem pencernaan, dari kerongkongan ke anus, dan mampu berfungsi sendiri sepenuhnya bahkan ketika terputus dari otak. Otak kedua, menyelesaikan semua itu dengan alat yang sama seperti otak besar.

Sistem saraf enterik memiliki efek yang mengejutkan pada suasana hati (mood) dan perilaku kita. Sekitar setengah dari semua dopamin dan 90 persen serotonin (dua hormon yang berhubungan dengan perasaan yang baik), diproduksi bakteri dalam usus kita. Selain itu, bakteri usus ini juga dapat mengirim pesan langsung ke otak. untuk meminta jenis makanan tertentu.

Menurut ASAP Science, dalam beberapa studi, makan yoghurt yang kaya bakteri sehat juga bisa mengurangi depresi dan kecemasan individu. Selain itu, bakteri usus yang sehat membuat Anda lebih pemaaf dan sosial.